Alur Pembukuan Koperasi Simpan Pinjam

laporan-auditing-standar-dengan-pendapat-wajar-tanpa-pengecualian
Sebelumnya, kenalan dulu ya sama yang namanya koperasi simpan pinjam. Diambil simplenya saja, koperasi simpan pinjam adalah salah satu jenis koperasi jasa yang pekerjaan utamanya ialah menampung simpanan dan menyalurkannya dalam bentuk pinjaman dari dan kepada anggota-anggotanya. Koperasi ini mampu untuk mendukung perekonomian Indonesia agar semakin maju dan seimbang. Nah, dari koperasi simpan pinjam ini, para anggotanya bisa lebih fleksibel untuk menyimpan uang dan terbantu bilamana membutuhkan dana untuk usahanya.

Apakah anda tengah ingin membuat atau mengembangkan suatu koperasi? , pasti akan lebih mudah apabila anda mempunyai sebuah sistem informasi yang akan mendukung dalam proses pengembangan. Software Koperasi adalah jalan keluarnya, salah satu software house yang sudah terpercaya dalam pengembangan aplikasi seperti ini adalah CV. Natusi. Kunjungi website http://www.natusi.co.id serta hubungi (0321) 528 – 5018 untuk informasi lebih lanjut.

Selanjutnya, akan dibahas tentang pembukuan dalam koperasi simpan pinjam tersebut . Apa sih tujuan dari adanya pembukuan itu? Bagaimana juga pembukuan dibuat?

Pembukuan bisa diartikan sebagai kegiatan pencatatan suatu transaksi dalam koperasi simpan pinjam tersebut ke dalam bentuk laporan keuangan dengan siklus akuntansi. Tujuan dari dibuatnya pembukuan ini tidak lain supaya transaksi yang dikerjakan di koperasi simpan pinjam tersebut berjalan sesuai prosedur serta menghindari adanya kesalahan atau terselipnya setiap data-data sesuai transaksi yang dikerjakan. Oleh karena itu, penting dibuatnya pembukuan detail transaksi dalam koperasi simpan pinjam agar koperasi tersebut bisa dijalankan secara efektif.

Pembukuan maupun laporan keuangan koperasi simpan pinjam umumnya dibuat dengan menggunakan aplikasi perhitungan yang sudah umum yaitu excel.

Contoh laporan keuangan koperasi simpan pinjam dengan aplikasi excel bisa dilihat lewat gambar berikut :

buku_kas_6a
Untuk contoh pembukuannya bisa dilihat lewat gambar berikut yang berisi data-data anggota koperasi

imporanggota1

Selain excel, anda bisa menggunakan alternatif sistem koperasi simpan pinjam dengan mengacu pada Software house CV. Natusi, yang memberi pelayanan terbaik dengan harga yang bisa dijangkau serta hasil yang optimal, software house CV. Natusi terdapat di jawa timur persisnya berada di kota Mojokerto, kunjugi website http://www.natusi.co.id serta hubungi (0321) 528 – 5018 untuk informasi lebih lanjut.

Masuk ke bahasan utama, bagaimanakah alur membuat pembukuan dalam koperasi simpan pinjam?

Pertama, diawali dari pendataan para anggota yang sudah mendaftar. Di situ, semua detail info tentang anggota koperasi dihimpun dalam bentuk tabel dengan kolom yang mencakup nama, tanggal masuk, alamat, serta beberapa informasi yang dirasa memang perlu untuk lebih mudah dalam memanajemen anggota koperasi simpan pinjam.

Ke dua, untuk kegiatan simpanan, wajib ataupun sukarela, akan diolah oleh kasir serta didata transaksi yang dilakukan tersebut . Tiap-tiap jenis simpanan akan diolah dengan menggunakan rekening yang berbeda untuk masing-masingnya.

Sama seperti dengan penyimpanan, dalam peminjaman mulai dari nama anggota, nominal peminjaman, total angsuran, hingga jaminan jika ada, akan didata dan transaksinya dilakukan juga oleh kasir.

Ke tiga, bagian akuntansi akan melakukan rekap pada data simpanan dan pinjaman.

Ke empat, selain transaksi simpanan dan pinjaman, kasir juga akan mengerjakan transaksi tentang uang kas, mencakup pemasukan serta biaya-biaya yang dikeluarkan oleh koperasi untuk menyanggah kebutuhan yg diperlukan.

Tidak hanya transaksi kas, ada juga transaksi yang tidak termasuk transaksi simpanan, pinjaman, dan kas, seperti penyusutan, dan sebagainya.

Ke lima, semua transaksi tersebut akan dihimpun dalam buku jurnal oleh akuntan sebagai dokumentasi.

Ke enam, dibuatkan neraca untuk mengevaluasi transaksi yang sudah dilakukan koperasi simpan pinjam tersebut selama misalnya satu bulan sekali.

Ke tujuh, anggota koperasi simpan pinjam bisa mengetahui saldo simpanan dan mengurus segala administrasi yang mencakup kas, peminjaman, dan sebagainya.

Dengan sistem tersebut, usaha simpan pinjam yang dijalankan di dalam koperasi akan dikerjakan sesuai dengan rencana dan mampu mencapai target yang sudah ditentukan sebelumnya.

Bagaimana? Setelah penjabaran tentang alur pembukuan tersebut, tentu lebih memahami berkaitan penting dan begitu menguntungkannya pembukuan dalam koperasi simpan pinjam. Bukan sekedar perlu ada, tapi pembukuan harus dijalankan sesuai dengan prosedur agar semua bisa tertata secara rapi serta mudah dimengerti. Sehingga, koperasi simpan pinjam dapat bekerja secara optimal dan bisa mencapai tujuannya, guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi para anggota serta memajukan perekonomian negara.

Untuk mendapat keuntungan yang berlipat, anda bisa membuat pembukuan dengan memanfaatkan sistem yang bisa anda dapatkan dari CV. Natusi, yang melayani Pembuatan Software, pengembangan website, aplikasi mobile berbasis android dan iOS. CV. Natusi melayani customer di seluruh Indonesia serta mudah di akses melalui website resminya http://www.natusi.co.id
Layanan pembuatan aplikasi murah dengan hasil yang optimal, segera kunjungi http://www.natusi.co.id serta hubungi (0321) 528 – 5018

Leave a comment